Membuat peralatan makan dari kayu tidak sembarang kayu bisa digunakan karena masing-masing kayu memiliki karakter dan kelebihan tersendiri. Beberapa syarat kayu yang bisa digunakan untuk membuat peralatan makan adalah kayu yang kuat, ringan, tidak menyerap air berlebihan. Di Indonesia sendiri ada banyak kayu yang bisa dimanfaatkan, apa saja kayu yang cocok untuk alat makan?? berikut ulasanya untuk Anda.

Kayu jati
Kayu jati adalah jenis kayu yang memiliki kualitas unggul untuk berbagai produk, mulai dari furniture sampai kayu untuk pembangunan rumah. Salah satu hal yang bisa dimanfaatkan dari kayu jati ini adalah digunakan untuk membuat peralatan makanan seperti sendok, piring dan garpu. Kayu jati di kenal karena awetnya, jika dalam pembangunan atau furniture banyak dipilih karena kuat dalam menahan beban, jika dalam alat makan kayu jati dipilih karena rawan menjamur karena pengaruh kelembaban dan kayu jati memiliki tekstur kayu yang indah dibanding dengan kayu jenis lainya. Kayu jenis ini cocok sekali dimanfaatkan untuk peralatan makanan. Namun karena harganya yang cukup tinggi dan sekarang mulai sulit ditemukan, penggunaan kayu jati cukup dibatasi untuk keperluan produk, hal ini membuat produsen menggunakan kayu jenis lain.

Kayu kelapa
Selain kayu yang memiliki batang kuat, alat makan juga bisa menggunakan kayu yang tekturnya terkenal kasar loh yaitu kayu kelapa. Ada banyak peralatan makan seperti sendok dan garpu yang menggunakan bahan kayu kelapa, namun pastinya sudah difinishing hingga permukaannya halus. Kayu kelapa ini jika digunakan untuk alat makan memberikan kesan yang estetik sekali karena coraknya yang ramai. Penggunaan kayu kelapa untuk alat makan ini cukup banyak karena di Indonesia sendiri jumlah kayu kelapa juga melimpah, pun harganya lebih murah dibanding kayu jati atau kayu kuat lainya. Kayu kelapa selain memiliki corak yang khas, juga memiliki kekuatan yang bagus loh.

Kayu mahoni
Jenis kayu yang cukup kuat selain kayu jati adalah kayu mahoni, kayu ini banyak digunakan untuk pengganti kayu jati. Memiliki kekuatan yang bagus dan tekstur kayu yang halus membuat kayu mahoni banyak dipilih untuk berbagai produk. Kayu mahoni memiliki harga yang lebih rendah daripada kayu jati namun keindahannya tidak kalah menarik. Salah satu pemanfaatan kayu mahoni adalah sering digunakan untuk membuat alat makan seperti piring, sendok garpu bahkan talenan untuk memasak. Kayu mahoni juga banyak ditemukan di negara tropis termasuk Indonesia. Jadi tak heran ya jika banyak produk kayu di Indonesia menggunakan kayu mahoni.

Kayu mindi
Kayu mindi adalah kayu yang memiliki karakter serat yang indah dan kayu yang berpori, namun kayu ini dikenal tidak begitu kuat. Ada banyak produk yang menggunakan kayu ini karena kecantikan serat kayunya, walau kekuatannya kurang. Kayu ini adalah kayu yang berasal dari Myanmar dan India kemudian banyak di budidayakan di Indonesia. Untuk kamu yang mencari produk dengan keutamaan kuat maka kayu ini tidak direkomendasikan untuk kamu, kekuatan kayu mindi jauh di bawah kayu jati dan mahoni namun untuk soal estetika, kayu mindi cukup baik. Tidak heran kayu ini banyak digunakan untuk membuat peralatan makan seperti piring, garpu dan sendok.

Ada banyak jenis kayu yang ada di Indonesia, alam Indonesia mendukung pohon untuk tumbuh secara subur dan menghasilkan kayu yang berkualitas. Mana kayu yang kamu sukai untuk membuat peralatan makanan?