Zaman millenial ini banyak orang yang mulai beralih menggunakan produk yang organik lagi salah satunya adalah peralatan makan dari kayu baik piring ataupun sendok dan garpunya. Bahkan penyajian menggunakan peralatan kayu juga banyak dilakukan oleh restoran dan kafe, hal ini dilakukan karena peralatan dari kayu dinilai memberikan keindahan tersendiri. Makanan jadi lebih estetik dan cantik. Selain estetik apa saja sih kelebihan dari menggunakan peralatan makan dari kayu? Berikut ulasanya untuk kamu

Peralatan dari kayu tidak bisa menyalurkan panas
Pernahkah kamu memasak dan menggunakan sendok stailes untuk mencicipi makananmu yang masih panas di penggorengan? Pasti kamu merasakan panas di tangan ataupun di ujung sendok sehingga harus lekas-lekas ditiup agar panas segera hilang. Hal ini karena stailes bisa mengalirkan panas dari penggorengan, berbeda dengan kayu yang lebih aman karena kemampuan mengalirkan panasnya cukup rendah jadi memasak atau makan menggunakan peralatan dari kayu cukup aman dari panas yang berlebihan.

Ini juga berlaku saat menghidangkan makanan, alat makan yang menggunakan bahan kayu lebih menghalau panas dari pada bahan lain seperti porselin atau stailess. Jadi aman digunakan.

Non reaktif
Kayu adalah alat makan yang terkenal aman dari reaksi dengan makanan. Jika makanan panas bereaksi dengan plastik maka akan membuat makanan menjadi beracun, sedangkan alat makan dari logam memiliki kemungkinan untuk bereaksi dengan asam atau memiliki kemungkinan untuk berkarat. Peralatan dari kayu juga sudah digunakan dari zaman dahulu loh, seperti alat masak. Jadi penggunaan alat makan dari bahan kayu dianggap lebih aman.

Kayu lebih estetik
Pemilihan alat makan dari kayu salah satunya karena masalah estetika loh, apalagi jika menjamu tamu memerlukan alat makan yang menarik. Peralatan dari kayu membuat penampilan makanan lebih cantik, cocok sekali digunakan di rumah untuk menghidangkan makanan atau untuk menghidangkan makanan di hotel dan kafe karena kecantikannya untuk menghidangkan makanan membuat kayu banyak digunakan infuencer terkenal, seperti konten mukbang atau konten makan biasa.

Selain terlihat alami, alat makan dari kayu memiliki desain yang cukup unik sehingga banyak disukai untuk alat makan maupun dekorasi dapur dan meja makan.

Awet
Kayu adalah salah satu bahan yang dikenal karena kekuatan dan keawetannya, jika menggunakan alat makan yang berasal dari kayu, ini akan memberimu beberapa keuntungan seperti jangka waktu pemakaian yang lama dan kuat dengan suhu bahan makanan jadi kamu tidak perlu takut boros membeli peralatan makan karena peralatan dari kayu cukup aman dan awet.

Menggunakan bahan kayu juga tidak khawatir akan pecah saat jatuh, karena ia cukup ringan dan bahannya kuat berbeda dengan porselin yang sekali jatuh langsung pecah.

Ramah lingkungan
Menggunakan peralatan yang berasal dari kayu dinilai cukup ramah lingkunhan karena mengurangi penggunaan plasti atau logam yang dalam industrinya memiliki limbah yang cukup berbahaya untuk lingkungan. Pembuatan peralatan dari kayu juga memiliki sedikit limbah yang berbahaya untuk alam karena limbah kayu bisa di daur ulang kembali menjadi pupuk atau yang lainya. Karena kayu adalah bahan organik, ia bisa terurai dengan baik di alam.

Tidak berisik
Peralatan makan dari kayu meminimalkan suara atau bunyi yang dihasilkan saat makan, biasanya jika menggunakan bahan stainles atau porselin saat bersentuhan satu sama lain akan membuat suara yang cukup nyaring. Dengan peralatan kayu kamu bisa makan dengan tenang karena gesekan alat tidak menghasilkan suara yang nyaring.