Ada banyak sekali jenis peralatan yang ada di dapur untuk kegiatan masak dan makan, beberapa peralatan yang sering kita jumpai memiliki bahan dari stailess, aluminium, plastik sampai kayu. Peralatan ini memiliki perlakukan dan perawatan yang berbeda lo dalam penggunaannya, hal ini dilakukan untuk menjaga peralatan agar awet ddigunakan dan tentunya agar tetap bersih dalam penggunaanya. Jika tidak dirawat dengan baik, barang-barang ini bisa cepat rusak ataupun tidak aman jika digunakan untuk makan maupun memasak.

Salah satu peralatan masak dan makan yang banyak digunakan adalah kayu. Bahan ini sudah sejak dahulu digunakan untuk memasak dan makan di rumah, selain enak digunakan alat dari bahan kayu juga terkenal awet dan lebih aman digunakan. Bagaimana sih cara merawat peralatan masak dan makan dari kayu agar tetap awet dan pastinya tetap bersih sehingga aman untuk makan? Berikut ulasanya untuk Anda

Pembersihan setelah digunakan
Berbeda dengan bahan yang beasal dari logam, Peralatan yang berasal dari kayu tidak boleh di rendam setelah digunakan, jika kayu di rendam setelah digunakan akan membuat kayu lebih mudah retak, peralatan dari kayu juga lebih mudah menyerap air sehingga jika di rendam membuat kayu menyerap air dan akan lembab permukaannya.

Setelah peralatan dari kayu digunakan sangat direkomendasikan untuk segera di cuci dengan baik menggunakan sabun di seluruh permukaannya sehingga lemak dan minyak akan hilang. Setelah di cuci dengan sabun Anda bisa mengelapnya menggunakan tisu atau lap kering sehingga air yang masih ada di permukaan alat bisa terserap ke kain dengan baik, jika tidak segera di lap peralatan akan tetap lembab dan membutuhkan waktu untuk mengering cukup lama. Jika kondisi alat cukup lembab bisa memicu pertumbuhan jamur permukaanya.

Setelah di lap dengan kain bersih atau tisu, letakkan peralatan kayu di tempat yang kering dengan pencahayaan dan sirkulasi angin yang bagus agar cepat mengering dengan baik kemudian baru simpan. Anda bisa menjemur peralatan dari kayu untuk mencegah adanya jamur dan bau karena dengan kondisi yang lembab bisa menghindari pertumbuhan jamur.

Menghilangkan noda dan bau
Ketika memasak atau makan dengan peralatan dari kayu biasanya meninggalkan aroma makanan yang masih melekat di alat kayu tersebut hal ini karena alat kayu memiliki pori yang mudah menyerap zat cair. Beberapa kasus bau ini tidak bisa hilang bahkan ada juga ada noda yang tetap tertinggal walau sudah dicuci berkali-kali, biasanya masakan dari kunyit atau rempah lebih mudah meninggalkan bau di alat kayu.

Namun jangan khawatir karena Anda bisa menghilangkan bau tersebut menggunakan bahan-bahan berikut:
⦁ Perasan jeruk nipis
Jeruk nipis mengandung vitamin c yang tinggi dan asam sitrat. Vitamin c dan asam sitrat dapat memudarkan noda yang ada pada peralatan kayu, penggunaan jeruk nipis untuk pembersih peralatan dari kayu ini bisa membantu menghilangkan bau yang tertinggal.
⦁ Cuka
Cuka juga membantumu untuk menghilangkan noda dalam peralatan kayu, karena di cuka mengandung asam asetat yang juga membantu menghilangkan noda dan membunuh bakteri. Cuka juga membantu menhilangkan bau pada peralatan makan dari kayu.
⦁ Garam
Garam yang dicampur dengan bahan asam bisa membantu menghilangkan noda dalam alat makan dari kayu.

Menggunakan peralatan masak dan makan dari kayu memberikan rasa tersendiri, selain estetis peralatan dari kayu juga ringan.